Inilah Manfaat Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

 

Boegis.eu.org - Ternyata buah sirsak 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kehasiatnya dari kemoterapi dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker. Hal tersebut sudah dibuktikan berdasakan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan bahwa kandungan buah sirsak memiliki khasiat yang lebih baik daripada kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker. National Cancer Institute telah melakukan suatu penelitian ilmiah yang hasilnya menyatakan bahwa batang dan daun sirsak efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena sangat tingginya senyawa proaktif dalam buah sirsak bagi tubuh kita. Senyawa tersebut merupakan senyawa yang jarang atau susah ditemukan pada tumbuhan lain.

Kandungan Senyawa Buah Sirsak
Bukan tanpa alasan, jika buah dan daun sirsak dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan alternatif. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1. Serat
Sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi gerakan pencernaan dan usus, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan kontrol berat badan.

2. Karbohidrat
Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 gram, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah yang jauh lebih sehat dari yang ditemukan dalam soda atau kue, karena dapat memicu kenaikan gula darah.

3. Kalium
Sirsak merupakan makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh Anda. Kalium sangat penting bagi tubuh karena membantu otot-otot, tulang kontraksi, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Vitamin C
Buah sirsak sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan lelaki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

5. Air
Secangkir sirsak mengandung hampir 183 gram air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang perlu 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

6. Fosfor dan Kalsium
Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gram buah sirsak. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

7. Lemak
Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Bahkan negara Korea juga telah melakukan penelitian terhadap daun sirsak dan mereka menemukan senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Namun dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Mengobati kanker
Caranya yaitu ambil sekitar 10 lembar daun sirsak yang sudah tua. Lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan sampai tersisa 1 gelas air saja. Minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu atau sampai kankernya benar-benar sembuh.

Mengobati asam urat
Ambil 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih hijau, kemudian cuci sampai bersih. Daun sirsak tersebut dipotong-potong yang dengan tujuannya untuk memastikan kandungan pada daun sirsak tersebut benar benar keluar. Rebus daun tersebut yang sudah dipotong-potong dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih sampai air tersisa hanya 1 gelas. Minum ramuan yang sudah dibuat tersebut sehari 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari.

Mengobati sakit pinggang
Ambilah sekitar 20 lembar daun sirsak kemudian rebuslah dengan 5 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan hanya tersisa sekitar 3 gelas. Minumlah ¾ gelas ramuan tersebut 1 kali sehari.

Menambah sistem kekebalan tubuh dan menghindari terjadinya infeksi
Siapkan terlebih dahulu 4 atau 5 lembar daun sirsak. Kemudian rebuslah dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih hingga hanya tersisa sekitar 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.

Mengobati eksim dan rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus terlebih dahulu. Kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri atau sakit karena rematik atau eksim. Gunakan secara teratur 1 hari 2 kali.

Mengobati bisul
Ambillah daun sirsak yang muda kemudian tempelkan daun tersebut pada daerah terkena bisul.

Mengobati Diare Pada Bayi
Kandungan di dalam buah sirsak berkhasiat untuk mengobati diare atau mencret pada bayi. Siapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang diare sebanyak 2-3 sendok makan.

Mengatasi Ambeien
Penyakit paling menjengkelkan yang pernah ada. Seringkali dialami oleh perempuan, entah kenapa sebabnya tapi yang jelas kini tak usah risau lagi sebab cara mengatasinya cukup mudah.

Caranya, peras buah sirsak yang sudah masak lalu ambil airnya sebanyak satu gelas, kemudian minum airnya dua kali sehari, pagi dan sore.

Anyang-anyangan
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

Sakit Kandung Kemih
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Penyakit Liver
Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.

Menghilangkan Kutu
Kini kita beralih pada daunnya, Ladies. Daun sirsak jika direbus ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu lho, baik kutu rambut atau kutu di tempat tidur.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh yang sangat perlu anda ketahui sebagai obat tradisional yang mampu mengobati berbagai macam penyakit yang merugikan kesehatan kita agar hidup sehat secara alami kita bisa mengkonsumsi buah sirsak.