Inilah Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Inilah Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

 

Boegis.eu.org - Belakangan ini sedang sibuk dan rajin berburu kutu, lisa dan telur kutu yang berpestapora di rambut anak kesayangan saya. Seperti biasa, kalo kata orang usia anak2x terutama TK dan SD memang rentan kutuan. Walaupun rajin keramas tiap hari pun tidak menjamin bebas kutu, karna memang kutu itu mudah sekali berpindah dari satu orang ke orang lain. Ketika saya lihat ke sekolahnya ya memang rata2x lagi terserang pandemi kutu... ceilee pandemi. googling sana sini akhirnya nemu juga obat tradisional untuk mengobati or mengusir kutu itu. Selain obat branded seperti Peditox Obat Kutu. Penyebab penyakit kutu selain karna kutu juga karna kurang bersihnya kulit kepala seperti ketombe.

Kutu rambut merupakan mahluk kecil jenis serangga, yang tidak memiliki sayap dan tinggal dikepala manusia, keberadaan kutu rambut sebenarnya tidaklah menimbulkan masalah yang cukup serius untuk kesehatan kita, namun demikian keberadaan kutu rambut sangat menggangu kita, karena rasa gatal yang ditimbulkannya, tentu dapat menggangu kosentrasi belajar pada anak-anak.Kutu rambut yang menyerang kepala, ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keadaan rambut yang tidak terawat kebersihannya sehingga membuat kutu dapat tumbuh dan berkembang biak. Dalam hal penangan kutu rambut dapat kita lakukan dengan cara memangkas rambut semua (botak) dan ini tentu dapat menghilangkan kutu rambut secara keseluruhannya, karena rambut sebagai tempat kutu bernaung tidak ada lagi, namun cara alami ini tentu tidaklah terlalu efesien karena walaupun kutu tidak ada dirambut kita namun kita juga akan kehilangan mahkota kepala kita yaitu rambut.
Selain cara menghilangkan kutu rambut dengan cara memangkas rambut ini ada beberapa alternatif yang dapat kita ambil yaitu dengan obat tradisional, atau lebil dengan istilah obat tradisional untuk menghilangkan kutu pada rambut yang dapat kita praktekkan untuk menghilangkan kutu yang bersarang dikepala kita diantaranya adalah.

1. Ambil lah beberapa sendok minyak kayu putih, campur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya, gunakan ramuan tersebut untuk membasahi rambut, lalu pijat kekulit kepala sambil terus diremas-remas rambut sampai merata. Kemudian tutup kepala dengan topi plastik dan biarkan selama satu jam. Selanjutnya keramas sampai bersih, untuk menghilangkan telur kutu rambut, gunakan sisir khusus, lakukan terapi tersebut beberapa kali dalam seminggu sampai kulit kepala kita terbebas dari yang namanya kuku rambut.

2. Ambil beberapa tetes minyak kelapa, gunakan untuk keramas, setelah rata bungkus kepala dengan topi plastik, sebaiknya dilakukan sebelum tidur, dan cuci pada pagi harinya untuk menghilangkan bekas sisa minyak kelapa, lakukan terapi tersebut 3 x secara berturut-turut. Untuk menghilangkan telur kutu rambut gunakan sisir khusus untuk menghilangkan telur kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut :

1. Menggunakan bawang merah
Cara pertama yang dapat anda coba yakni dengan menggunakan bawang merah. Adapun caranya yakni dengan membalurkan bawang merah yang sudah dihaluskan pada kepala anda, lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setidaknya anda membutuhkan 5 siung bawang merah. Setelah itu diamkan selama 1-1,5 jam lalu bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampoo.

2. Jeruk nipis dan minyak kayu putih
Langkah pertama yakni campurkan air perasan jeruk nipis secukupnya dengan 4 sendok makan minyak kayu putih. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kepala serta rambut. Diamkan selama 2 jam, langkah terakhit yakni keramaslah dengan shampoo agar rambut bersih.

3. Minyak kelapa
Balurkan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala serta rambut anda, setelah itu tutuplah rambut anda menggunakan shower-cap atau plastik topi mandi. Diamkan selama 6 jam setelah itu baru keramas menggunakan shampoo seperti biasa.

4. Cuka putih
Telur kutu rambut dapat dilepaskan dengan mudah menggunakan cuka putih. Selain itu bahan alami yang satu ini juga mampu menggagalkan penetasan. Cara menggunakannya cukup membalurkan cuka putih secukupnya pada kulit kepala serta rambut anda. Setelah itu diamkan selama 2 jam dan keramaslah untuk membersihkan rambut.

5. Sisir serit atau sisir bergigi rapat
Sisir ini merupakan salah satu alat yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan kutu serta telurnya. Anda dapat mendapatkan sisir serit di toko peralatan rambut ataupun pasar-pasar tradisional. Namun sebelum dan sesudah menggunakannya pastikan dalam keadaan bersih, jangan sampai ada kutu yang tertinggal di sisir tersebut.

Tips agar terhindar dari kutu rambut :

Jangan tidur dengan orang yang positif mempunyai kutu rambut karena kutu tersebut dapat berpindah ke rambut anda.
Jika ada keluarga maupun teman yang merasa gatal dan rambutnya terdapat butiran putih segera periksa, bisa jadi itu telur kutu. Segera lakukan beberapa cara diatas untuk membasminya.
Cobalah untuk tidak berbagi benda yang berkaitan dengan rambut seperti sisir, jilbab, topi, handuk, dan benda lainnya. Karena kutu rambut dapat dengan mudah berpindah ke kepala anda melalui benda tersebut.
Selalu rawat kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut anda.

Terima kasih and sudah berkunjung dan membaca artikel tentang cara menghilangkan kutu rambut yang perlu and ketahui karena sangat mengganggu kesehatan rambut kepala kita dan mengakibatkan rasa gatal. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat infonya.