Inilah Nutrisi dan Manfaat Daun Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Nutrisi dan Manfaat Daun Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

 

Boegis.eu.org - Lobak merupakan sayuran umbi-umbian yang sekilas mirip kentang atau wortel. Manfaat lobak banyak kita temukan sebagai bahan membuat makanan khususnya dalam membuat acar atau menjadi campuran soto. Tanaman asal Cina ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Selain sebagai bahan dapur lobak juga dikenal dapat mengobati demam dan gangguan ginjal. Lobak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh maka tak heran jika jus lobak kaya manfaat untuk kulit.

Daun Lobak adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daun Lobak mengandung energi sebesar 30 kilokalori, protein 2,3 gram, karbohidrat 5,8 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 140 miligram, fosfor 33 miligram, dan zat besi 4 miligram. Selain itu di dalam Daun Lobak juga terkandung vitamin A sebanyak 1000 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 109 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Lobak, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 %.
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi atau Gizi Pada Daun Lobak :
Nama Bahan Makanan : Daun Lobak
Nama Lain atau Alternatif : -

  • Banyaknya Daun Lobak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Daun Lobak yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 70 %
  • Jumlah Kandungan Energi Daun Lobak = 30 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Daun Lobak = 2,3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Daun Lobak = 0,4 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Lobak = 5,8 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Daun Lobak = 140 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Daun Lobak = 33 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Lobak = 4 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Lobak = 1000 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Lobak = 0,07 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Lobak = 109 mg.

Penyakit yang Dpat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Mengurangi efek pramenstruasi
Asam folat yang ada di dalamnya dapat secara aktif meredakan efek dari sindrom pramenstruasi atau yang lebih dikenal dengan PMS, sindrom ini terjadi sebelum masuk pada masa haid dan menyerang hampir semua wanita.

Melancarkan pencernaan
Lobak kaya akan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat juga ampuh dalam mengatasi masalah sembelit kronis dan secara aktif dapat mencegah penyakit jantung pada seseorang.

Mencegah penuaan dini
Sayur lobak mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, vitamin ini membuat kulit terlihat lebih muda. Dengan mengkonsumsi sayur ini secara rutin dapat membantu tubuh memperbaiki sel kulit yang rusak.

Mencegah anemia
Ibu hamil sangat rentan dengan gangguan anemia di sepanjang kehamilannya. Kandungan RNA yang ada dalam sayur ini memberikan banyak keuntungan pada ibu hamil.

Baik untuk kulit, rambut dan mata
Konsumsi lobak sangat baik untuk menjaga kecantikan. Lobak membantu menjaga kulit tetap cerak dan halus. Tanaman umbi ini juga meningkatkan kesehatan rambut. Vitamin A di dalamnya membantu menjaga kesehatan mata.

Daun lobak mencegah keriput
Bukan hanya akar atau umbinya saja, daun lobak juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun lobak dikenal dalam menghilangkan kerutan pada kaki. Merendamkan kaki pada air yang mengandung daun lobak dalam waktu lama dikenal dapat menghilangkan kerutan pada kaki.

Mencegah terjadinya kejang otot
Otot tubuh memerlukan kalium dalam jumlah yang sesuai guna menjaga kesehatan dan kekuatan otot. Tanpa senyawa ini otot akan melemah dan mudah mengalami kejang.

Mengeluarkan racun
Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mempermudah tubuh dalam mengeluarkan racun semua racun berbahaya. Selain dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tubuh dari segala bentuk racun, lobak juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

Mengurangi nyeri sendi
Lobak mengandung vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin K sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang pertumbuhan sel tubuh dan meredakan nyeri pada persendian.

Mengurangi resiko cacat pada bayi
Ibu hamil yang mengkonsumsi lobak setiap hari selama masa kehamilannya dapat memperkecil resiko terjadinya cacat pada bayi yang akan dia lahirkan nanti.

Itu dia sahabat rincian tentang nutrisi dan manfaat daun lobak bagi kesehatan yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang sangat merugikan tubuh kita agar kita selalu menjga dan mencegah kesehatan kita dari penyakit tersebut.