Inilah Manfaat Khasiat Bungur Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Khasiat Bungur Kecil Bagi Kesehatan Tubuh

 

Boegis.eu.org -  Bungur kecil ditanam sebagai tanaman hias di taman dan di halaman rumah atau bisa ditemukan sebagai tumbuhan liar di tebing-tebing dan tepi hutan. Tanaman ini berasal dari Cina dan Korea. Daun bungur mengandung decinine, decamine, lagerstroemine, lagerine, dihydroverticillatine, dan decodine. Akar mengandung sitosterol, 3,3′,4-tri-o-methylellagic acid.

Perbanyakan tumbuhan bungur kecil dapat dilakukan dengan biji atau setek batang. Bungur kecil dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Bunga, akar, daun, dan kulit kayu dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit. Waw keren sekali bukan? berikut manfaat bungur untuk pengobatan.

Berikut Adalah Manfaat Bungur Kecil dan Cara Penggunaannya :

Radang Payudara (mastitis), Eksim
Daun bungur kecil secukupnya ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.
Campak
500 gram tumbuhan bungur kecil direbus dengan air secukupnya lalu airnya digunakan untuk mencuci kulit yang terkena campak.


Sakit Kepala Sebelah (migrain)
30 gram akar bungur kecil dimasak bersama dengan 60 gram daging sapi lalu dimakan.


Sakit Kuning, Hepatitis
15 gram akar bungur kecil, dan 15 gram daunnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, disaring lalu airnya diminum.


Sakit Gigi
15 gram akar bungur kecil dimasak bersama daging ayap atau sapi hingga matang lalu dimakan.
Batuk Darah (hemoptysis), Muntah Darah (hematemesis), Buang Air Besar Mengandung Darah
30 gram akar bungur kecil, direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 80 cc, disaring lalu diminum airnya dua kali sehari sebanyak 40 cc.


Disentri
30 gram daun atau akar bungur kecil, 15 gram patikan kebo (Euphorbia hirta L.) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc disaring lalu airnya diminum.


Hepatitis
15 gram akar, 15 gram daun bungur kecil, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc disaring lalu airnya diminum selagi hangat.

Mungkin itulah manfaat bungur kecil yang sangat berguna untuk mengobati beberapa penyakit seperti diatas agar selalu hidup sehat secara alami. Selamat mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat buat semua.